Rokok berbahaya ? Kenapa masih diminati ?

  Rokok, ya... ini merupakan sesuatu yang tidak asing lagi dikepala kita, Banyak orang yang sudah menjadikan Rokok sebagai salah satu bahan pokok dalam kehidupan sehari hari, hampir disetiap lokasi kita bisa menemukan seorang perokok.



Rokok berbahaya ?  Kenapa masih diminati ?


Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropaitu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropaorang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

Menurut riset 51,1 % rakyat Indonesia adalah perokok aktif, tertinggi diASEANdan sangat jauh bedanya dengan negara-negara tetangga, misalnya: Brunei Darusallam 0,06% dan Kamboja 1,15%. Pada tahun 2013, 43,8% perokok berasal dari golongan lemah; 37,7% perokok hanya memiliki ijazah SD; petani, nelayan dan buruh mencakup 44,5% perokok aktif. 33,4% perokok aktif berusia di antara 30 hingga34 tahun. Bagusnya hanya 1,1% perempuan Indonesia adalah perokok aktif, walaupun tentunya perokok pasif akan lebih banyak. *

Pertanyaannya, Kenapa masih banyak Pecandu Rokok sedangkan pemerintah sendiri sudah memperingati bahwa “merokok dapat menyebabkan ketergantungan, gangguan pernafasan, penyakit jantung, kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin” yang bisa kita temukan disetiap bungkus Rokok yang tersebar diwarung maupun toko.
    Berdasarkan Sedikit pernyataan diatas, Kali ini saya akan memberikan penjelasan mengapa Rokok masih banyak diminati sedangkan Pemerintah sudah melarangnya.
Next.

  Jelas, kenapa Rokok tidak diperbolehkan oleh pemerintah dikarenakan Rokok mengandung bahan bahan kimia yang dapat merusak kondisi tubuh kita,
Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung dalam rokok:

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol(alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.Meskipun demikian, hanya tar dan nikotin saja yang dicantumkan dalam bungkus rokok.

Nah, itulah beberapa bahan kimia yang terkandung dalam rokok yang juga bisa merusak kondisi kesehatan kita .



    Beralih lagi ke Judul Postingan saya, kenapa Rokok dilarang oleh Pemerintah tapi masih banyak orang yang menggunakannya :
- Rokok merupakan salah satu sumber penghasilan Negara : inilah yang saya dengar dari seseorang, Rokok merupakan salah satu sumber penghasilan Negara, karena Indonesia memiliki berbagai Sumber Daya Alam yang mendukung Sebuah Pabrik Untuk menghasilkan Rokok rokok yang mempunyai harga jual yang lumayan tinggi, Salah satunya yaitu Papua yang memiliki banyak rempah rempah sehingga dapat menghasilkan rokok rokok yang berkualitas sehingga dapat menopang Sistem Perekonomian Negara.
- Rokok dapat membuat Seseorang menjadi Rileks : Hal ini dikarenakan adanya salah satu bahan Kimia yang terdapat dalam Rokok , yaitu Nikotin, dengan adanya bahan tersebut Seseorang dapat merasakan Kondisi yang begitu tenang sehingga dapat membuat orang tersebut ketagihan.
- Banyaknya Perokok Pasif : Perokok pasif merupakan seorang penghirup asap rokok dari orang yang sedang merokok atau orang yang terpapar asap rokok dari asap yang dikeluarkan perokok aktif. Akibatnya lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga sampai lima kali lipat dari bahaya perokok aktif. Jelas Ini merupakan penyebab dari sipengguna Rokok, Pastinya tidak akan ada yang namanya perokok pasif jika tidak ada perokok asli. Sipengguna Rokok itulah yang dapat membawa orang orang yang ada disekitarnya mengikuti perilaku Sipengguna Rokok tersebut, sehingga membuat Pecandu Rokok di Negara Indonesia tercinta ini semakin merajalela.  .
Cukup sekian Artikel saya kali ini tentang Rokok, dari penjelasan diatas, Kesimpulannya jelas, yaitu bahwa Merokok merupakan kegiatan yang tidak bermanfaat, oleh karena itu, untuk anda Pecandu Rokok berhentilah Karena Rokok itu Membunuhmu. Tapi saya tidak mewajibkan anda untuk berhenti, saya hanya memperingati.
#Thnks
Copyright 2017 Teleformatika. Diberdayakan oleh Blogger.