AMD Vs NVIDIA

   Untuk anda pengguna Komputer yang masih bingung dalam memilih Kartu Grafis : VGA AMD | Nvidia, Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang Perbedaan Kedua Kartu Grafis tersebut. " AMD vs Nvidia ".

AMD Vs NVIDIA

     Sebelum kita berlanjut Kemateri Selanjutnya, ada baiknya sedikit mengenal tentang kedua Kartu Grafis tersebut.
Next :

1.) AMD "Advanced Micro Devices"

    AMD yang sebelumnya ATI (ATI Technologies Inc) adalah perusahaan desainer dan pemasok utama dari unit pemrosesan grafik dan chipset motherboard. Pada tahun 2006, perusahaan ini diakuisisi oleh Advanced Micro Devices (AMD) dan berubah namanya menjadi AMD Graphics Product Group, walaupun begitu, nama ATI tetap digunakan untuk menamai kartu grafis mereka. Salah satu produk paling terkenalnya adalah kartu grafis seri Radeon yang selalu bersaing dengan perusahaan kartu grafis lainnya yaitu NVIDIA yang mengeluarkan seri GeForce.
    Kartu grafis ATI juga digunakan pada konsol permainan Xbox 360 dan nintendo Wii.

2.) Nvidia

      NVIDIA Corporation (NASDAQ:NVDA) adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (graphics processing unit),kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3. Produk paling terkenal dari NVIDIA adalah seri GeForce yang digunakan untuk bermain permainan komputer. Markas utama NVIDIA berada di Jalan Bebas Hambatan San Tomas,Santa Clara,California. Seri terbaru NVIDIA adalah GeForce GTX 690 yang telah mendukung directX versi 11.1. Perusahaan saingan terberat NVIDIA adalah ATI yang mengeluarkan seri Radeon. Pada 2001, perusahaan ini meraih pemasukan sekitar AS$1,37 miliar dan pendapatan bersih AS$177,1 juta.
   Dari sedikit penjelaaan diatas yang dikutip dari Wikipedia.org, Kedua Kartu Grafis tersebut merupakan Kartu Grafis yang mempunyai Kualitas terbaik dari masing masing produknya, sehingga banyak yang memberikan Informasi yang sama mengenai Perbedaan dari Kedua Kartu Grafis tersebut.
   Sebenarnya kedua Kartu Grafis diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, dan bisa digunakan sesuai dengan Kebutuhan SiPengguna Kartu Grafis tersebut.
Karena itu jika kedua Kartu Grafis dari masing masing Perusahaan tersebut banyak di anggap sebagai pesaing berat, memang benar. Sebab Keduanya memiliki Kelebihan dan Kekurangannya masing masing .
    pada tahun 2003,  Nvidia pernah terpuruk karena ketika Nvidia meluncurkan Nvidia Geforce FX seri 5000 yang tercatat sebagai sejarah hitam di perjalanan karir Nvidia. Buruknya kinerja Geforce FX saat itu membuat Nvidia melakukan trik untuk meningkatkan kinerja dengan menurunkan kualitas gambar. Hal ini justru semakin memperburuk reputasi mereka dan membuka peluang bagi ATI untuk merebut posisi teratas saat itu dalam pasar kartu grafis. Saat itu chip grafis andalan ATI yaitu Radeon seri 9000 terbukti mampu mengalahkan Geforce FX dalam kinerja maupun performa. Di saat itulah anggapan bahwa kualitas gambar videocard ATI lebih baik dari pada Nvidia.
   Namun saat ini masa masa kelam dari Nvidia telah berakhir. Dimulai dari diluncurkannya Geforce seri 6000 yang membanggakan Shader Model 3, Nvidia mulai berusaha mengalahkan ATI dalam segi kualitas gambar. Di era 2005, Geforce seri 6000 mampu menoreh Nilai yang baik dalam hal dukungan Shader Model 3 dibanding ATI X300/700/800 yang saat itu belum mensupport fitur tersebut. Sadar akan kelemahan tersebut, di tahun 2006 ATI akhirnya juga memberikan dukungan Shader Model 3 yangdibemkannya di seri X1000 mereka, sehingga potensi bagi videocard Nvidia dan ATI untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik kini sama. Sebagai produsen Kartu grafis no.1, Nvidia memiliki banyak pendukung yang dapat diselipkan di  kantong para programmer & game developer. Dengan seperti itu game buatan mereka akan berpihak kepihak Nvidia. Atau dengan kata lain kualitas gambar game tersebut akan menjadi lebih buruk bila dijalankan pada videocard ATI. Nvidia cukup serius dalam menjalankan strategi konspirasi ini. Bahkan mereka mempropagandakan strategi ini sebagai TWIMTBP (The Way It’s Meant To Be Played). Bila sebuah game mempunyai logo TWIMTBP, sudah dapat dipastikan, bahwa Game tersebut dibuat dengan campur tangan Nvidia, dan sudah dipastikan kualitas gambar / kinerja terbaik hanya akan didapat bila menggunakan videocard Nvidia. Karena itu jika pesaing terberatnya ( AMD ) disalahkan dalam performa saat menjalankan sebuah Game, tidak sepenuhnya dihasilkan oleh Produsen AMD,  hal ini bisa kita maklumi dari penjelasan yang sudah dijelaskan diatas, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau AMD akan bangkit oleh para Programmer ataupun teknisi Komputer yang dimiliki oleh AMD.
  Informasi diatas bukanlah hal yang wajib anda percayai, semuanya hanya mereka dan Tuhan yang tahu akan kebenarannya. #hehe  .
   Selanjutnya kita akan melihat Kartu Grafis dilihat dari Segi Penggunaanya, sebagai berikut :
  • Untuk memainkan Game direct 9 dan 10 AMD Radeon lebih unggul dibanding VGA Geforce, tetapi Untuk memainkan Game direct 11, Nvidia Geforce lebih diSarankan.
  • untuk kebutuhan edit video geforce handal karena fitur CUDAnya yang sering di gunakan banyak aplikasi, sedangkan radeon AMD app (open cl) ini masih jarang di gunakan.
  • NVIDIA mempunyai feature physx yang berfungsi agar tampilan game lebih jernih, karena proses mengolah data game sebagian di pindahkan ke GPU physx yang hanya berkerja maximal pada grapich geforce HIGH END, sementara pada AMD ada fitur yang serupa namun pengolahanya di bebankan ke CPU.
  • Dan untuk kebutuhan pemutaran VIDEO, Amd radeon lebih baik karena mendukung banyak eksistensi video lebih dari pada geforce dan amd radeon juga mempunyai fitur UVD yang tidak dimiliki oleh NVIDIA.

    Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa Keduanya memiliki Keunggulannya masing masing, Tapi saran dari para pengguna Komputer yang sudah berpengalaman , mereka lebih menyarankan untuk menggunakan Kartu Grafis Nvidia. Tapi, kalo saya sih masih pake AMD.
    Bagaimana dengan anda ?
Copyright 2017 Teleformatika. Diberdayakan oleh Blogger.