Sabtu, 02 April 2016

Pengertian dan Sejarah singkat Manaqib

  Sudah cukup lama saya tidak menulis Artikel Islami. Nah.. kali ini saya akan kembali memberikan Informasi mengenai salah satu Kegiatan Islami yaitu Manaqib.


Pengertian dan Sejarah singkat Manaqib

Langsung saja berikut Penjelasannya :

A. Pengertian Manaqib


   Pengertian dan Sejarah Manaqib - Manaqib berasal dari bahasa Arab (المنقب) yang artinya "Riwayat Hidup". Manaqib adalah Riwayat dari Seorang Tokoh Besar dalam Agama Islam. Manaqib dapat berupa Biodata tentang Kelahirannya, Kegiatannya, Sifat - sifatnya, serta Akhlak mulia dari Kepribadiannya.

    Sedangkan Manaqiban adalah Kegiatan dari Manaqib tersebut, seperti ; Membaca, Membahas, Mengkaji, dan Memperingati Tokoh tokog besar dalam Agama Islam.

B. Sejarah Perkembangan Manaqib


   Manaqib atau yang biasa dikenal sebagai Manaqiban sudah berkembang pada masa Sebelum Nabi Muhammad SAW mengajarkan Agama Islam. Sedangkan diIndonesia, Manaqib sudah ada pada saat hadirnya Wali Songo kewilayah Indonesia khususnya Pulau Jawa. Mereka  memberikan banyak pengajaran kepada para masyarakat sekitar tentang Sejarah dan Perkembangan Islam pada Zaman setelah dan sebelum hadirnya Rasulullah SAW.

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

   Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.
(Indonesian)

 Q.S Hud ayat : 120

C. Tujuan Manaqib


   Dengan melaksanakan Kegiatan Manaqib/ Manaqiban, pastinya ada sebuah Tujuan ataupun keinginan yang ingin diwujudkan dengan melaksanakan Kegiatan Manaqib tersebut. Dan berikut beberapa Tujuan diadakannya Manaqib/ Manaqiban :

- Mengharap Rahmat dan Ridha Allah SWT.
- Memperingati dan mendoakan para Pejuang Islam yang telah berkorban demi terwujudnya Insan yang lebih baik.
- Mengamalkan Ilmu dan Ajaran yang mulia yang telah diajarkan oleh Para Wali Allah.
- Mencontoh dan mengikuti Akhlak mulia yang telah diajarkan oleh para wali Allah sebagai tuntunan hidup kita dalam Kegiatan sehari hari.

إِنَّا أَخْلَصْنَاهُم بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ

Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.
Q.S Shaad ayat : 46

-dll.

   Mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan kali ini mengenai Pengertian dan Sejarah singkat Manaqib. Apa bila ada Kesalahan ataupun Kekurangan dari Artikel diatas, Silahkan Berikan Tanggapan anda didalam Kolom Komentar yang telah disediakan dibawah.  #Thnks

Lorem ipsum dolor sit amet, mea prompta intellegam in, mutat doming apeirian pro an. Solum explicari vix te. Et dicant aperiri consequat usu, utamur diceret postulant sit cu.

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan postingan diatas.
EmoticonEmoticon