Subhanallah, Inilah 12 Masjid Terbesar Dan Terindah Didunia

    Masjid yang merupakan tempat Ibadah Umat Islam banyak tersebar dipenjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia yang merupakan Negara dengan popularitas umat Islam terbesar didunia dengan 199.959.285 jiwa atau 85,2% dari jumlah penduduk Indonesia. Dengan berkembangnya umat islam dari waktu kewaktu, bangunan masjid atau tempat ibadah umat islam ini juga telah memiliki perkembangan dan kemajuan yang cukup signifikan, baik itu dari segi jumlah bangunan, arsitektur, keindahan, dan lainnya. bicara masalah arsitektur tidak jauh dari yang namanya keindahan. ya... salah satu faktor ini bisa menjadi hal yang harus diperhatikan untuk mendirikan sebuah bangunan masjid, karena tentunya orang orang akan lebih menyukai masjid yang indah dan otomatis mereka akan lebih giat beribadah dengan adanya masjid yang indah tersebut.



 Dan Kali ini kita akan melihat kumpulan Gambar Masjid terbesar dan terindah diseluruh dunia yang telah dirangkum menjadi 10 Masjid, yaitu sebagai berikut :

1. Masjidil Haram : Mekkah, Saudi Arabia.



  Masjidil Haram adalah Sebuah Masjid yang ada terletak dikota Mekkah yang merupakan tempat suci umat Islam sekaligus tempat dilaksanakannya rukun Islam ke5  (Ibadah Haji). Masjid ini dibangun dengan mengelilingi Kakbah yang menjadi arah kiblat bagi umat islam saat melaksanakan ibadah Shalat. Masjid ini memiliki 9 Menara dengan tinggi 89 meter. Masjidil Haram mampu menampung hingga 900,000 (menjadi 4.000.000 pada musim haji).

2. Masjid Nabawi : Madinah, Saudi Arabia.


   Masjid Nabawi yang terletak dikota Madinah yang merupakan Masjid terbesar ke-2 didunia setelah Masjidil Haram diKota Mekkah. Masjid ini merupakan salah satu Masjid terpenting umat Islam karena masjid ini didirikan oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat Pemakaman Beliau dan Para Sahabatnya. Masjid ini memiliki Design Aritektur Klasik dan Kontemporer Islamic; Ottoman; Mamluk revivalist. Masjid ini memiliki 10 Menara dengan masing masing tingginya mencapai 105 meter (344 kaki). Masjid ini mampu menampung 600.000 (bertambah menjadi 1.000.000 pada musim haji).

3. Masjid Shah : Isfahan, Irak.




    Masjid Shah dikenal pula sebagai masjid Imam (setelah revolusi Islami tahun 1979 di Iran) dan Masjid Jameh Abbasi yang merupakan sebuah masjid di Isfahan, Iran, berlokasi di sisi selatan Taman Naghsh-i Jahan. Masjid ini dibangun pada periode Safavi, dibawah perintah Shah Abbas dari Persia. Masjid ini merupakan contoh sempurna dari arsitektur Islami Iran, dan dipandang sebagai mahakarya Arsitektur Persia. Masjid Shah merupakan mahakarya abadi dari arsitektur di Iran. Masjid ini terdaftar, bersama dengan Taman Naghsh-i Jahan, sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pembangunannya dimulai pada tahun 1611, keindahan masjid ini terutama dikarenakan oleh ubin mozaik dengan tujuh warna dan tulisan-tulisan kaligrafinya.   Masjid ini merupakan salah satu warisan yang ditampilkan dalam Around the World in 80 Treasures ditampilkan oleh sejarawan arsitektur Dan Cruickshank.  Masjid ini juga digambarkan pada bagian belakang uang kertas Iran sebesar 20,000 rial.

4. Masjid Dian Al - Mahri : Depok, Indonesia.



   Masjid Dian Al Mahri dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.

5. Masjid Jumeirah : Dubai, Uni Emirat Arab.


   Masjid Jumeirah merupakan Salah sutu Masjid terbesar yang terletak diKota Jumeirah - Uni Emirat Arab. Masjid ini mulai dibangun pada 1976 Masehi dan memiliki Gaya Arsitektur Tradisional Fatimiyah.

6. Masjid Muhamad Ali Pasha : Kairo, Mesir.



   Masjid Muhammad Ali Pasha atau yang bisa juga disebut Masjid Alabaster adalah Salah satu Masjid terbesar yang terletak diKota Kairo - Mesir. Masjid ini dibangun pada awal abad ke-19. Masjid ini dibangun untuk mengenang Tusun Pasha, putra tertua Muhammad Ali, yang meninggal pada tahun 1816.

7. Masjid Kristal : Terengganu, Kuala Lumpur, Malaysia.



   Masjid Kristal adalah Salah satu Masjid Terindah yang ada diNegara Malaysia, Terengganu - Pulau Wan. Masjid ini dibangun dengan menggunakan Struktur dari Baja, Kristal dan Kaca. Masjid ini dibangun pada 2006 - 2008. Masjid ini mampu menampung hingga 1500 Jemaah pada satu waktu.

8. Masjid Jami Ul Al-Far : Kolombo, Sri Lanka.



Masjid Jami Ul-Alfar adalah masjid bersejarah di Kolombo, Sri Langka. Terletak di Jalan Palang Kedua di Pettah. Masjid ini juga merupakan tempat wisata populer di kota Kolombo. Masjid Jami-Ul-Alfar Masjid ini dibangun tahun 1908 sampai 1909 oleh komunitas Muslim Pettah untuk melakukan sholat lima waktu dan sholat Jummah pada hari Jumat. Ini adalah salah satu masjid tertua di Kolombo. Atas inisiatif para pedagang Muslim India , kemudian dibangunlah sebuah masjid di sana. Keberadaan bangunan masjid ini dirancang oleh HL Saibo Lebbe. Seluruh dana pembangunan masjid ini ditanggung oleh komunitas muslim Pettah saat itu. Pengaruh arsitektur India cukup kentara pada masjid ini. Sentuhan kebesaran masjid masjid dinasti Mughal dan bangunan bangunan kastil Inggris cukup terasa meski balutan warna merah dan putih nya yang khas itu menjadikan masjid ini begitu istimewa dan tampil beda.

9. Masjid Faisal : Islamabad, Pakistan.



    Masjid Faisal adalah Masjid Terbesar yang berada di Kota Islamabad, Pakistan. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1986. Masjid ini dirancang oleh Arsitek asal Turki yaitu Vedat Dalokay. Masjid ini berbentuk seperti Tenda yang terletak ditengah padang Pasir dan menjadi Ikon/ Simbol dari Islamabad senriri.

10. Masjid Sultan Hassanal Bolkiah : Cotabato, Filipina.



  Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah atau yang biasan dikenal Masjid Cotabato ini merupakan Masjid yang terletak di Cotabato, Fillipina. Masjid ini adalah Masjid Terbesar yang berada di Fillipina. Masjid ini didirikan oleh Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam dengan biaya dilaporkan mencapai US $ 48 juta.

11. Masjid Istiqlal : Jakarta, Indonesia.



Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta dengan Imam Besarnya Prof.Dr.Nasaruddin Umar, M.A dan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal sekarang Bapak K.H. Muhammad Muzammil Basyuni. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Lokasi kompleks masjid ini berada di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

12. Masjid Nur Astana : Astana, Kazakhstan.




  Masjid Nur Astana adalah sebuah masjid yang terletak di kota Astana, ibukota Kazakhstan. Ini adalah masjid terbesar kedua di Kazakhstan dan di Asia Tengah. 40 meter (131 kaki) tinggi melambangkan usia Nabi Muhammad ketika ia menerima wahyu, dan ketinggian menara adalah 63 meter (207 kaki), usia Muhammad adalah ketika Beliau meninggal.

Masjid ini terletak di tepi sungai sebelah kiri di kota Astana, konstruksi pertama kali dimulai pada Maret 2005. masjid adalah hadiah sesuai dengan kesepakatan dari Kazakhstan Presiden, Nursultan Nazarbayev dan Emir Qatar, Hamad bin Khalifa. Ini memiliki kapasitas 5.000 jamaah di dalam masjid, termasuk 2.000 untuk jamaah di luar masjid. Struktur terbuat dari kaca, beton, granit dan alucobond.

Referensi :
dan lainnya...
Copyright 2017 Teleformatika. Diberdayakan oleh Blogger.