Rabu, 21 September 2016

Cara Backup Tema Wordpress Menggunakan Software FTP Client FILEZILLA

Memilih sebuah tema wordpress bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk versi gratisan. Selain factor Seo, banyak faktor lainnya yang harus dipertimbangkan untuk memilih sebuah tema wordpress, seperti ; Responsive/ mobile friendly, Ads ready, Woocommerce ready, dan masih banyak lagi.

  Tidak jarang banyak orang yang suka mengedit atau mengkostumisasi sebuah tema wordpress agar sesuai dengan tema yang mereka inginkan. Dan jika mereka sudah mendapatkannya, tentunya mereka tidak ingin kehilangan tema mereka akibat layanan hosting yang mereka gunakan atau bisa juga karena ulah adminnya sendiri. Dan untuk mengantsipasinya, kita bisa membackupnya dengan cara yang akan saya bagikan  kali ini, yaitu dengan menggunakan Software Ftp Client Filezilla.

  Filezilla merupakan sebuah software yang dapat anda gunakan untuk melihat dan mengelola berkas atau file yang ada didalam website anda. Filezila tersedia secara gratis, anda bisa mendownload disitus resminya di http://filezilla-project.org atau bisa juga disitus download software lainnya. Jika anda sudah mendownloadnya, selanjutnya silahkan anda install diPC atau perangkat komputer lainnya yang anda miliki. Setelah terinstal, selanjutnya silahkan anda ikuti tutorial dibawah ini mengenai cara backup tema wordpress menggunakan software ft client filezilla, sebagai berikut :

1. Langkah pertama,silahkan anda buka software filezilla yang sudah anda insal tadi dan silahkan anda login dengan akun ftp yang anda miliki.


  • Host : ftp://domain.hosting.com
  • Password : 12345
  • Port : biarkan kosong atau bisa juga diisi dengan 21

2. Selanjutnya silahkan pilih Quickconnect.
3. Setelah itu silahkan anda masuk kedalam Public_html > wp-content


4. Lalu buka folder themes. Disana anda akan melihat kumpulan tema wordpress yang anda miliki.


5. Silahkan pilih salah satu folder tema yang ingin anda backup, klik kanan, lalu pilih download untuk menyimpannya didalam komputer anda.

6. Setelah selesai didownload, selanjutnya silahkan anda buka direktori tema yang sudah anda download tadi, lalu archive atau compress file tema wordpress kedalam format .zip menggunakan winrar atau software lainnya seperti pada gambar dibawah ini.


7. Selesai, sampai disini tema wordpess berhasil dibackup.


Kemudian, selanutnya anda bisa menginstalnya kembali dengan cara upload tema yang sudah didownload tadi pada wordpress anda seperti pada gambar dibawah ini.


Semoga berhasil.

Lorem ipsum dolor sit amet, mea prompta intellegam in, mutat doming apeirian pro an. Solum explicari vix te. Et dicant aperiri consequat usu, utamur diceret postulant sit cu.

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan postingan diatas.
EmoticonEmoticon