Kamis, 20 April 2017

Cara Menjalankan PHP dan MySQL di Android Dengan PHP Runner

Bagi seorang web programmer, membuat dan mengerjakan project menggunakan php dan mysql adalah hal yang sudah biasa. dan biasanya mereka menggunakan perangkat komputer dengan dukungan program software dari Apache yaitu Xampp untuk membuat server lokal. dengan xampp kita bisa membuat server lokal kita sendiri yang bisa kita akses secara offline tanpa harus terhubung dengan internet. Xampp tersedia secara gratis, dan sudah mendukung beberapa Sistem Operasi terpopuler seperti ; Windows, Linux, dan Max OS.

Cara Menjalankan PHP dan MySQL di Android Dengan PHP Runner


PHP dan MySQL merupakan dua bahasa yang cukup wajib dipelajari bagi mereka yang ingin membuat dan mengembangkan website dinamis. Kedua bahasa pemrograman web tersebut merupakan bahasa yang sangat berguna dan banyak dipelajari oleh para pengembang web dari pemula hingga yang sudah berpengalaman.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bagi pengguna komputer kita bisa menggunakan program Xampp untuk menjalankan kedua bahasa pemrograman web tersebut. tapi kita tahu, tidak setiap waktu kita menggunakan komputer ataupun laptop, biasanya kita lebih sering menggunakan Smartphone ataupun Ponsel (Android) karena sifatnya yang praktis yang dapat digenggam dan dapat dibawa kemana mana sehingga sangat disayangkan bagi mereka yang suka mempelajari dan mengerjakan project web menggunakan php dan mysql, mereka sering kali terhambat oleh adanya aktivitas lain yang cukup mengganggu. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi sebuah informasi bagaimana cara menjalankan php dan mysql pada perangkat android.

Untuk menjalankan php dan mysql pada perangkat android, kita membutuhkan aplikasi PHP Runner. Dan aplikasi tersebut tersedia secara gratis dan bisa anda download langsung di Google Play. Silahkan anda download dan instal aplikasinya seperti biasanya. Jika sudah terinstal, selanjutnya silahkan buka aplikasi tersebut untuk menjalankan php dan mysql. kemudian silahkan simak tutorial selengkapnya berikut ini:

1. Setelah anda membuka aplikasi PHP Runner, silahkan pilih instal untuk menginstal php agar bisa dijalankan pada perangkat android anda.


- Kemudian, silahkan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. *Proses ini tidak membutuhkan koneksi data karena sebenarnya ini hanyalah proses pengekstrakan data php yang sudah terinclude pada aplikasi PHP Runner.


2. Jika sudah selesai, selanjutnya silahkan pilih Download PHPMYADMIN untuk menginstal MySQL atau PHPMYADMIN untuk bisa menjalankannya


- Proses ini hampir sama dengan proses instalasi paket php (tidak membutuhkan koneksi/ data internet)


3. Jika sudah, silahkan pilih start untuk menjalankan server lokal php pada perangkat android anda.



- Kemudian silahkan pilih lokasi folder root untuk menentukan lokasi root server anda atau bisa diskip untuk membiarkannya default.


4. Selanjutnya anda bisa langsung membuat dokumen sederhana dengan penyimpanan yang sesuai dengan lokasi root yang sudah ditentukan tadi.



5. Setelah itu, anda bisa langsung mengetestnya dengan membuka browser lalu memasukkan alamat host dengan port seperti halnya pada komputer desktop. dan tentunya dengan tujuan lokasi dokumen ataupun project yang sudah anda buat.




Detail PHPMYADMIN:

Username : root
Password : (kosong)

Selesai, Demikian tutorial Cara Menjalankan PHP dan MySQL di Android Dengan PHP Runner yang bisa saya bagikan. apabila ada yang kurang, silahkan koreksi dengan memberikan komentar pada form yang sudah disediakan. terima kasih.

Selain menggunakan PHP Runner, anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Palapa Web Server, Server untuk PHP, dll.

Lorem ipsum dolor sit amet, mea prompta intellegam in, mutat doming apeirian pro an. Solum explicari vix te. Et dicant aperiri consequat usu, utamur diceret postulant sit cu.

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan postingan diatas.
EmoticonEmoticon