Cara Membuat Direct Link Download Langsung Pada Google Drive

Pernahkah anda mendownload sebuah file pada google drive ? saya yakin anda pasti pernah melakukannya. untuk mendownload file ataupun suatu berkas pada google drive sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tempat penyimpanan online lainnya. biasanya anda akan terlebih dahulu dialihkan kedalam laman download dari berkas tersebut kemudian tekan tombol download untuk menyimpannya kedalam tempat penyimpanan lokal pada perangkat yang anda miliki.

Images by Google

Tentu saja hal itu bukanlah sebuah masalah besar. hanya saja mungkin akan lebih mudah jika anda menggunakan direct link untuk mendowload sebuah file pada google drive tersebut. direct link atau direct download merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mendownload file secara langsung tanpa harus diredirect terlebih dahulu kedalam laman download dari file tersebut.

Untuk membuat direct link (download) pada suatu file didalam google drive sebenarnya cukup mudah, anda bisa membuatnya dengan mengikuti tutorial sederhana berikut ini.

1. Pertama silahkan masuk terlebih dahulu kedalam google drive menggunakan akun google yang anda miliki, kemudian silahkan klik kanan pada file manager> more> connect more apps untuk menghubungkan aplikasi lainnya dengan google drive



2. Kemudian silahkan cari Direct link creator for drive, kemudian pilih connect seperti berikut ini.


3. Setelah itu, maka otomatis aplikasi tersebut sudah terhubung dengan google drive kita. selanjutnya untuk menggunakannya anda hanya perlu memilih file/ berkas yang ingin dibagikan. kemudian pilih open as (buka dengan) direct link creator ataupun aplikasi yang sudah kita pasang tadi seperti berikut ini.


4. setelah anda dialihkan kedalam laman dari direct link creator tersebut. silahkan pilih Share all and get direct links untuk mendapatkan direct link yang dapat anda lihat pada bagian bawah seperti berikut ini.


5. terakhir silahkan salin dan bagikan direct link tersebut kepada pengunjung ataupun kepada orang lain yang ingin anda bagikan.

contoh: https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B3TGM2nMCFKKSF9rbGVaaGROS0E

Jika kita lihat dari contoh direct link diatas sebenarnya tidak berbeda jauh link share google drive biasanya. karena memang sebenarnya ada cara yang lebih sederhana yaitu dengan mengganti ataupun menambahkan link share biasanya seperti berikut ini.

- Share link = https://drive.google.com/open?id=0B3TGM2nMCFKKSF9rbGVaaGROS0E
menjadi
- Direct link = https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B3TGM2nMCFKKSF9rbGVaaGROS0E

Dari kedua link tersebut kita bisa mengetahui sedikit perbedaan mencolok yang terdapat pada domain utamanya dengan kuncinya yaitu ID yang sudah diberi tanda. semoga dapat dimengerti.
Copyright 2017 Teleformatika. Diberdayakan oleh Blogger.