Saturday, December 16, 2017
BloggingIlmu WebsiteTips dan TrikTutorial

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Dengan .htaccess

Ketika anda memindahkan situs dari satu domain ke domain lainnya, akan lebih baik jika anda untuk tidak memecahkan semua tautan yang anda buat ke domain lama Anda. Redirect yang tepat dari semua halaman pada domain lama ke lokasi yang sama yaitu domain baru akan memastikan bahwa pengunjung dari domain lama anda akan berakhir di tempat yang tepat sehingga anda tidak akan kehilangan pengunjung dari domain lama anda. Karena kegagalan redirect akan mengakibatkan hilangnya pengunjung serta peringkat situs anda di mesin pencari.

Disini saya berasumsi bahwa server web anda menggunakan Apache untuk bisa mengikuti tutorial ini. Dan anda belum membuat perubahan pada keseluruhan struktur situs anda, Anda dapat menambahkan baris berikut ke file .htaccess anda yang terletak di akar domain lama anda untuk melakukan redirect domain lama ke domain baru :

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainlama.com$ [OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.domainbaru.com$
RewriteRule (.*)$ http://www.domainbaru.com/$1 [R=301,L]
</IfModule>

Silahkan sesuaikan !

Untuk dapat mengedit file .htaccess anda bisa menggunakan fitur File Manager di Cpanel hosting yang anda gunakan atau bisa juga dengan menggunakan program ftp seperti Filezilla + text editor, file .htaccess biasanya terletak di akar domain atau folder publik (utama/ home) untuk situs anda.

Selamat Mencoba !

Leave a Reply